785,786

Poster-NGENEST-The-Movie.jpg

Tanggal 30 Desember lalu, gue nge-post blog tentang film Ngenest. Di hari itu, Ngenest rilis serempak di seluruh bioskop tanah air. Dan sejak hari itu, hidup gue berubah.

Minggu depan, genap sebulan Ngenest pamit dari bioskop, setelah bertengger selama enam minggu. Kalo lo belum tau betapa kerasnya persaingan film di tanah air, percayalah, enam minggu itu LAMA BANGET.

Selama enam minggu tadi, Ngenest mengumpulkan total 785,786 penonton, dan sukses bertengger di posisi ke-6 dari daftar film terlaris 2015 (berdasarkan tanggal rilis). Semua orang, termasuk gue dan produser gue, terkejut.

Screen Shot 2016-03-05 at 2.58.20 AM.png

Bagaimana mungkin?

Kok bisa-bisanya seorang penulis dan sutradara debutan bisa meraih hasil yang sungguh diluar dugaan?

Bukannya mau sok rahasia, tapi jawabannya memang sulit dicari.

Film adalah sebuah kerja kolektif yang dahsyat, dan keberhasilannya akan sulit untuk digiring ke satu titik secara spesifik. Sukses Ngenest adalah hasil komitmen dan kekompakan ratusan orang, mulai dari produser yang mendanai semuanya hingga kru yang kerjanya bikin minuman panas buat menghangatkan semua orang di lokasi syuting.

Lalu, what next?

Tahun 2016 ini, rencananya gue bakal bikin satu film lagi. Ya nulis, ya nyutradarain, ya main. Kurang lebih sama lah kayak di Ngenest. Tapi kali ini, beban gue berpuluh kali lipat, karena orang sudah punya ekspektasi. Gue punya tanggungjawab untuk menghasilkan karya yang lebih bagus lagi.

So, yeah. Saatnya kembali memeras otak. Ada skenario yang menanti untuk ditulis.

Another first step. Another beginning of something very very exciting.

Wish me luck!🙂

@ernestprakasa

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on March 5, 2016, in movie and tagged . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. tetaplah jadi org yang ramah pada siapa aja, tetaplah jadi kepala rumah tangga yang baik walaupun dengan segudang aktifitas, gue suka cara lu membahagian org2 ko. wish you luck ko🙂🙂

  2. film Indonesia yg gw tonton di bioskop selama 28 tahun hidup gue adalah filemnya Warkop DKI en Ngenest jadi so far, gw dukung elu koh, keep the good work. aca aca fighting!!

  3. sukses terus koh!

  4. Suka banget sama filmnya. Dari adegan awalnya aja udah bikin ngakak. Ya walau menurut saya di pertengahan film agak garing dan kelewat lambat, tapi ketutup sama cerita dan eksekusi adegan-adegannya yang nyenengin. Scene2 favorit waktu koh ernest pdkt ke keluarga pacarnya. Komedinya berasa pas, natural aja gitu. Dua jempol deh buat Ngenest. Ditungu karya-karya koh Ernest selanjutnya ^_^

  5. Filmnya asik, untuk seseorang yg baru pertama kali nge-direct suatu film sih pecah abis.

    Di bagian awal itu oke, moment2 si “Ernest” diintimidasi dan cara dia utk berbaur, cuma mungkin menurut gw kurang diexplore ya, kyak terkesan terburu2 gitu, padahal di bagian itu justru ngena nya, bgaimana perasaan kaum minoritas survive di kondisi seperti itu (dengan lo membuat versi lucunya).
    Di bagian tengah itu cukup membosankan, gw cuma tertarik dengan cara PDKT nya, yah di bagian itu seru lah.
    Lalu semakin ke belakang semakin membosankan, bagian lo dilemma punya anak apa enggak itu kurang dapet feel nya (entah kenapa ya), intrik2 dsananya kurang greget gitu.

    Tapi overall oke, gw suka dengan filmnya. Jangan berenti berkarya ya, kemampuan dalam film kembangin terus, dan especially buku, karena gw pribadi lebih into ke buku. Dan seperti karya buku lo, buku yg pertama jauh lebih kurang dibanding yg kedua dan ketiga, jadi itu bukti adanya perkembangan dalam karya lo. Dan semoga begitu juga dengan karya film lo nantinya. So goodluck and keep the “happinest”.

    NB: gue gak ngerti apapun tentang cara buat film ataupun buku, tapi gw sangat suka menikmati itu semua and I’d like to learn about it. So, I hope it’ll help.

  6. good luck ya koh….jangan pantang menyerah

  7. Dinda Dwi Agustin

    Good luck ya koh🙂

  8. Film ini masih jadi film terbaikmu ko.
    Kayaknya memang film komedi yang menampilkan komedian seperti stand up comedian harusnya scriptnya dikerjakan oleh stand up comedian juga. Biar hasilnya jadi fokus. Bukan mendadak jadi film Action nanggung, komedi pun nanggung. You know lah ko, bukannya membandingkan dengan film yg koko bintangi lainnya itu, tapi coba bikin proyek sesama stand up comedian, dengan sutradara dan script ditulis oleh kalian juga, that could be better.

  9. Chrisye Angelia

    Film nya bagus. Banyak pesan moral yg bisa diambil. Walaupun film comedy tapi bnyak pesan positif yg bisa diambil. Pecah bgt. Lucu bgt. Ditonton 2 kali pun gk ngebosenin dan gk bikin rugi. Ditunggu film selanjutnya ko.. Jbu 😇☺😊😀😁

  10. Yeaaaaa, ditunggu film terbaru nya koko ganteng……………………
    udah kangen pengen nntn film ernest lagi

  11. Good luck ko, moga ntar pas ada nobar, gue bisa hadir😀

Leave a Reply

