Seratus Milyar Untuk Rio

Rencana pemerintah mengeluarkan uang APBN sebesar 100 milyar untuk memuluskan langkah Rio Haryanto ke gelanggang F1 menuai pro kontra.

Sebagai warga negara yang setiap tahun harus mengisi SPT, saya juga sempat terhenyak ketika mengetahui ada 100 milyar uang pajak rakyat yang akan mengalir untuk Manor, sebuah tim gurem yang kiprahnya di F1 sungguh memprihatinkan.

Tapi, saya sendiri termasuk orang yang mendukung kiprah Rio.

Meski tidak sepopuler olahraga yang merakyat seperti misalnya sepakbola, balap F1 adalah sebuah sirkus mahamegah dengan prestise selangit. Nama “Indonesia” bersanding dengan kata “F1”, adalah sesuatu yang menurut saya pantas dibayar dengan harga mahal.

Anggaran Kemenpora di tahun 2016 ini (masih pengajuan, belum disahkan) sekitar 3,3 trilyun. Bila kita asumsikan angka itu gol, artinya 100 milyar ada di kisaran 3% dari angka keseluruhan. Ini sesuai penjelasan Menpora Imam Nahrawi tanggal 28 Desember 2015 lalu bahwa mendukung Rio Haryanto ke F1 adalah salah satu prioritas Kemenpora di tahun 2016.

Banyak orang yang mencibir dengan bilang, “Uang 100 milyar lebih baik untuk membangun sekolah!”. Ada benarnya, tapi juga ada salahnya. Sekolah itu urusan Kemendikbud dan pemerintah daerah, bukan Kemenpora. Dan sebagai pemilik anggaran, tidakkah wajar bila Kemenpora mengalokasikan 3% anggaran mereka untuk sesuatu yang konkret?

Ada juga yang bilang, “Apa hebatnya Rio, modal bayar doang!”. Rasanya pernyataan ini tidak adil bagi Rio, yang sudah bekerja keras selama delapan tahun untuk sampai di posisi dia sekarang. Lagipula kursi Rio bukan dilelang ke penawar tertinggi. Si pembalap tentunya harus memenuhi kualifikasi yang ketat.

Sederhananya begini. Bagi saya, langkah pemerintah untuk melakukan investasi di diri Rio Haryanto adalah sebuah langkah yang masih masuk akal. Rio memang belum tentu berprestasi, tapi masuknya Indonesia untuk pertama kalinya di ajang F1 sudah merupakan sebuah keistimewaan.

Sebagai pembayar pajak, saya rela. Sebagai warga negara, saya bangga.

@ernestprakasa

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on February 21, 2016, in social issue, sport and tagged . Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. boleh dibilang ini adalah salah satu cara untuk mengharumkan nama bangsa, untuk masuk ke piala dunia Indonesia masih belum bisa (suatu saat nanti pasti bisa), nah kanapa tidak untuk balap F1, namun sudah banyak juga kan bidang olahraga yang lain yang sudah membawa nama Indonesia ke Internasional, dan dana 100 milyar itu boleh jadi sudah dianggarkan oleh pemerintah, mungkin saja masih banyak masyarakat yang belum faham, jadi pro kontra sudah biasa.

  2. totally agree ko! miris kalau liat komen2 orang yang ngerendahin rio, dan ga setuju dengan dana APBN buat rio. padahal Rio ini juga bertujuan buat mengharumkan bangsa Indonesia, dan menurut gw belum tentu 20 tahun kedepan ada pembalap Indonesia yang punya kesempatan masuk F1. Btw, emang menpora udah official kasih 100 M buat rio? kemaren sempet baca katanya cuma php?

  3. Rio di F1 itu bawa nama negara atau tim? berlaga atas nama Republic of Indonesia, atau Manor racing Team? F1 itu lomba antar negara atau antar tim?

    • CMIIW. Di F1 (dan balapan lainnya), kewarganegaraan pembalap selalu disematkan. Perhatikan di daftar nama, klasemen atau apapun itu, selalu disisipkan negara asal pembalap, entah bendera entah 3 huruf singkatan.
      jadi walaupun pertandingannya antar tim, pembalap tetap membawa nama negara.

      Dan membawa nama negara, juga menjadi jualan bagi F1🙂

  4. setuju brooh, ini jalan buat harumkan nama bangsa Indonesia, selama duit pajak buat hal yang konkret & buat bangga nama Indonesia dalam hal positif gw sih setuju2 aja, smoga nti MotoGP jg ada yang bisa mewakili ga cm jd tempat penyelenggara aja *kl jadi diselenggarain di Indonesia*

  5. Usaha RioHaryanto akhirnya berbuah hasil. Semangat usaha kerja keras nya untuk mengharumkan Nama Indonesia di kanca internasional. Dan sedikit lagi impiannya akan semakin nyata.. Selalu bangga kepada anak muda indonesia yg berprestasi dan berbakat dengan tekat yg kuat untuk menyempurnakan mimpinya.Always support😙

  6. Koh Ernest pendapatnya sama ma om @kurawa ya..tpi bener kok..rio haryanto tetep harus didukung..sukses terus koh..love u

  7. Aku yakin Rio berjuang karena semangat yang membara dari dalam diri sendiri. Bukan karena 100 Milyarnya kan. Toh dananya belum tentu cair sepenuhnya juga. Kita liat aja dulu. Pikir positif lah istilahnya.

  8. Ya saya cuma berharap rio mampu mengeluarkan segenap potensinya di dunia balap agar bisa bertahan di F1 bukan cuma sekedar ‘pernah’ masuk F1. Tunjukan prestasi dan supaya bisa jd panutan juga bagi generasi muda yg hobi memacu mesin kecepatan tinggi agar termotivasi masuk dunia balap yg legal dan ngga ugal-ugalan di jalan raya.
    Bravo rio, di Indonesia ini terlalu banyak paham pesimisme. Patahkan semua omongan negatif tentang dirimu. Saya bangga.

  9. Pada akhirnya kisah Rio dan Kemenpora ini sama kayak cerita petani, anak dan keledainya.

    Nggak dikasih support, dianggepnya pemerintah gak peduli sama anak negeri. Dikasih dana gede, dianggep buang-buang duit.

    F1 emang olahraga mahal. Kalo mau direkrut langsung sama tim gede tentu harus punya talenta luar biasa. Dan tanpa mendiskreditkan kemampuan Rio, ya sayangnya saat ini Rio cuma bisa menampilkan kemampuannya di F1 lewat jalur ‘pay driver’.

    Jadi, selamat bertarung, Rio. Paling nggak jangan cuma ngalingin mobilnya Hamilton aja ya di trek🙂

  10. Duit indonesia banyak koq, uang 100 m sebenarnya tdk begitu besar. Yg kontra atau yg gak mau ngasih keluar duit itu mungkin krn ketakutan jatah korupsinya nanti akan berkurang atau mereka punya pemikiran yg blm out of the box. Sebenarnya bukan hanya rio yg bernasib seperti ini, saya sebagai salah satu pengajar sukarela banyak melihat anak anak indonesia berbakat yg blm tersentuh oleh pemerintah kita untuk dibantu “memuluskan” mereka untuk terjun ke dunia kompetisi yg sesungguhnya seperti rio haryanto, dan jangan sampai kita menciptakan anak muda berprestasi yg hanya “jago kandang” karena terhambat urusan kayak gini.
    Jadi saya menaruh harapan besar bagi pihak yg pro dan yg akan mengelontorkan uang tsb, sambil kita berdoa semoga Rio bisa mengemban kepercayaan rakyat Indonesia dgn terus meningkatkan prestasinya di F1 ini.

  11. 100 Milyar buat F1 LEBIH BAIK daripada di koruPSSI, next nya bangkitkan badminton yah pa Menpora, olahraga yang jelas2 pernah ngasih emas di Olympic

  12. saangaatt setuju. kenapa ? karena rio sudah berjuang untuk negara. padahal jika dia mau, bisa saja dari dulu sia sudah ganti kewarganegaraan, banyak negara yang menawarkannya pada rio, tapi rio menolak. kenapa ? karena rio ingin mewakili INDONESIA di F1. kata rio “saya suka balap karena saya suka mewakili rio”. Proud of you RIO HARYANTO.

  13. saya sendiri bukan penggemar F1 tp I’m so proud that one young and talented man from my beloved country Indonesia can compete with another international races, itu artinya Rio sendiri sudah diakui oleh dunia balap internasional bahwa dia pantas dan layak utk berjuang di F1.

    nah, menurut saya, terlalu muluk klo mengharapkan Rio menang di penampilan perdananya di pentas F1 di Barcelona nanti. klo misalnya dia kalah, PASTIIIII bakal ada orang Indonesia laen atau media Indonesia yg demen banget liat sisi negatif suatu peristiwa bakal komen “Uang Milyaran hanya utk kalah” atau headline berita “Rio GAGAL menjuarai F1” (PUASTI deh bakal ada memenya dalam waktu 2 detik)

    kemenangan atau keberhasilan bukan sesuatu yg instan, melainkan membutuhkan proses dan gw yakin Rio dan timnya yg paling tau itu. Kerja keras, doa, keyakinan dan kepercayaan diri itu modal keberhasilan, serta tidak lupa selalu belajar dan belajar terus menerus utk mendapatkan hasil yg lebih baik lagi.

    gw sendiri ga punya modal duit utk mendukung Rio tapi gw sbgai sesama warga Indonesia yg sedang berjuang melawan negatif thinking, gw akan mendukung Rio dalam doa serta selalu melihat usaha Ro berjuang di F1 dr segala aspek positif. Apapun hasilnya nanti di penampilan perdana F1, gw akan selalu bangga sama Rio, apalagi kami sama2 orang Jawa. Cemungutttt Rio!! God Bless You and your team!!!

  14. Asyik, nih, Koh Ernest jadi sering update blog😀

    Gue sebagai orang yang haus mendengar nama Indonesia di kancah dunia, bener-bener seneng begitu tau Rio Haryanto tembus F1. Begitu juga Arthur Irawan, Evan Dimas, dan lain-lain. Orang-orang yang berprestasi seperti mereka, sudah seharusnya didukung penuh. Jangan setengah-setengah.

    Kan, asyik jadinya. Tadinya gak pernah nonton F1, jadi mau nonton F1 karena satu alasan: pengen ngeliat orang Indonesia ikut bersaing di arena balap.

  15. setuju saja asalkan dana nya jangan diambil dari pemotongan gaji PNS. (hasil wawancara Tempo dgn Menpora) gilaaa apaaa..gaji saya cm 3 jt dipotong pula 50%, saya makan apaaaaaa😦

  16. Dinda Dwi Agustin

    Memang dia hebat bisa menghartumkan nama bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: