Back On The Road!

Tanpa terasa, udah 1,5 tahun berlalu sejak #MeremMelekTour, tur stand-up comedy pertama di Indonesia. Pamer? Gapapa, emang itu salah satu hal yang paling gue banggain seumur hidup gue. Haha.

Buat lo yang ga sempet ngikutin, waktu #MeremMelekTour itu gue sempet dateng ke 11 kota, yakni:
1. Bandung
2. Semarang
3. Solo
4. Denpasar
5. Malang
6. Surabaya
7. Makassar
8. Kendari
9. Samarinda
10. Palangkaraya
11. Jakarta.
Dari 11 kota tadi, kota ke 6-10 gue didukung penuh sama teman-teman yang baik di Coffee Toffee.

Banyak hal yang sudah berubah dalam diri gue sejak #MeremMelekTour. Dulu, gue belum merasa nemu persona yang pas di atas panggung. Tapi sekarang, kayak yang pernah gue bahas disini, gue udah merasa jauh lebih nyaman karena udah lebih kenal kelemahan dan kekuatan gue sendiri.

Dan sekarang, gue akan ngegelar tur kedua, yang kali ini berjudul #ILLUCINATI:

[design by: @kuncirsv]

[design by: @kuncirsv]

Sebenernya kata “illucinati” berawal dari bit gue soal Ahok. Gue cuman iseng bercanda, kalo di Amerika ada Illuminati, di Indonesia juga ada pergerakan underground, namanya Illucinati. Tujuannya adalah menjadikan Ahok presiden. Entah kenapa, ternyata kata “illucinati” itu catchy banget. Yaudah sekalian aja gue jadiin judul tur🙂

Nah, tentang pose gue di poster (mata tertutup & tangan terikat). Sebenernya simpel aja sih. Gue mau memetaforakan sebuah keresahan sama generasi muda zaman sekarang yang gampang kehilangan kekritisannya. Di tengah derasnya arus informasi, kita jadi terbiasa “disuapin” berita dan informasi. Ini jadi ironis kalo kita inget bahwa sebenernya kalo kita mau punya inisiatif untuk tau lebih dalam, informasi itu bisa diakses dengan gratis dan mudah melalui kecanggihan teknologi.

Dan juga kalo lo perhatiin, walau terikat, tapi tangan gue itu megang mic. Itu melambangkan keyakinan gue bahwa meskipun kita kerap dibelenggu, tapi melalui kebebasan berbicara di atas panggung, kita bisa memicu perubahan. Jangan anggap remeh kekuatan ide yang disebar lalu tertanam.

Di tur ini, gue akan dateng ke 17 kota dengan jadwal sebagai berikut:
1. Makassar, 16 Nov
2. Samarinda, 22 Nov
3. Balikpapan, 23 Nov
4. Banjarmasin, 24 Nov
5. Banda Aceh, 30 Nov
6. Semarang, 6 Des
7. Solo, 7 Des
8. Jogjakarta, 8 Des
9. Padang, 14 Des
10. Depok, 15 Des
11. Bandung, 28 Des
12. Bogor, 29 Des
13. Malang, 3 Jan
14. Sidoarjo, 4 Jan
15. Surabaya, 5 Jan
16. Denpasar, 11 Jan
17. Jakarta, 25 Jan.

Kalo di #MeremMelekTour ada Ge Pamungkas yang jadi opener gue, kali ini opener #ILLUCINATI adalah Arie Kriting. Gue pilih Arie karna sejak pertama kali nonton dia di Malang, gue udah terkesima. Ada sesuatu yang sangat unik dan tajam dari cara dia berorasi dan berkomedi. Gue pilih dia tanpa ragu.

Oh iya, bicara soal opener, ada sesuatu yang baru yang gue coba lakukan, dengan bekerjasama dengan teman-teman di @StandUpIndoBali. Jadi di #ILLUCINATI, gue akan bawa opener dari Bali untuk perform di berbagai kota lain. Karena gue gak ada sponsor, jadi biaya transportasi dan akomodasi anak-anak ini akan ditanggung oleh kas urunan @StandUpIndoBali. Jadi semacam beasiswa dari komunitas, supaya para comic ini bisa dapet pengalaman berharga dengan ikutan gue tur. Keren ya?🙂

Comic Bali yang akan ikutan adalah sebagai berikut:
1. Yullianto Lin (Malang, Sidoarjo, Surabaya)
2. Kuncir Satya Viku (Bandung, Bogor)
3. Agam Zahid (Semarang, Solo, Jogjakarta)
4. Abdul Hadi (Padang, Depok)
5. Koji Asoy (Makassar, Banda Aceh).

Terlepas dari semua hal yang udah gue ceritain tadi, tantangan terberat gue di #ILLUCINATI sebenernya lebih ke fisik. Tur gue ini padet banget, bahkan ada tiga weekend dimana gue akan tur di tiga hari berturut-turut di tiga kota berbeda. Plus, berbeda dengan #MeremMelekTour yang hanya satu jam, kali ini gue akan perform selama satu setengah jam. FYI, rekor gue sebelum ini hanya satu jam lima belas menit. Harus berlatih ekstra keras!

So please, wish me luck. I’m gonna need it🙂

Sampai jumpa di #ILLUCINATI TOUR! Silakan intip video trailernya disini🙂

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on November 2, 2013, in stand-up comedy and tagged . Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. I’m waiting!! Ditunggu 8 Desember di Jogja koh!! Bawa sky ga? Pgn liaat:3

  2. seneng bgt begitu tau kalo kali ini jogja kebagian tour nya koh….nabung aku, koh! nabung…bahkan aku pending beli “ngenest”, beli tiket ‘illucinati” dlu krn live pasti lbh seru🙂

  3. cara beli tiketnya gmn ya?

  4. Yang di Jakarta, Januari! Kayaknya harus nonton, nih :))

  5. Sama kek kevin… harus nonton nih…. Kalo ga di depok, jakarta deh….
    Cari tiket!!!!
    Sukses ko buat tour nya… semoga sehat selalu yak..

  6. Sukses, koh. Sampai ketemu di #SUN5Ptk di Pontianak nanti, koh. Hihi

  7. boleh tau HTM yg di Jakarta bisa dibeli dimana ya ? need info pls, thank you.

  8. di malang tempatnya di mana om ?? harga tket sama jam main nya ? saya dari tulungagung soale .. haha

  9. iya nih, bang.. klo di malang tempatnya dimana ya?

  10. filemmm ya koko buagusssss kerennnn and luucuuuu bngett kohh…bru kli in aku noton film indonesia berkualitasss…
    veryy nicee…

Leave a Reply

