#StandUpFest 2013

Rabu, 13 Juli 2011.

Kafe dengan kapasitas sekitar 40-an tempat duduk mendadak diserbu sekitar hampir 200 orang. Mereka datang untuk menyaksikan sebuah pertunjukan stand-up comedy yang pada waktu itu, adalah sesuatu yang aneh. “Masa sih di Indonesia ada stand-up comedy?”

Well, ternyata ada. Ada bayi yang terlahir pada hari itu. Bayi mungil bernama @StandUpIndo.

Minggu, 16 Juni 2013.

Sebuah pagelaran dua hari di Hall Basket Senayan ditutup dengan tangis haru dan peluk bahagia. Sebuah perayaan ulang tahun si bayi yang kini berusia dua tahun, dihadiri oleh sekitar 8,000 orang. Selama dua hari, sekitar 100 komika silih berganti menghibur para penonton mulai jam 1 siang hingga 11 malam.

Yang memang suka stand-up comedy, datang untuk menjadi bagian dari sejarah.
Yang belum pernah nonton stand-up comedy, datang untuk menuntaskan rasa penasaran.
Keduanya, pulang dengan letih karena terlalu banyak tertawa.

Sebagai co-founder @StandUpIndo bersama Ryan Adriandhy (@Adriandhy), Isman HS (@ismanhs), Pandji Pragiwaksono (@pandji), & Raditya Dika (@radityadika); saya sulit mengungkapkan apa yang kami rasakan. Saya yakin hal yang sama juga dirasakan oleh segenap komika dan penggiat komunitas yang hadir dan atau terlibat dalam kepanitiaan. SPEECHLESS.

Lidah saya kelu, oleh karenanya saya akan merangkum #StandUpFest dengan foto ini:

["Buat para sinis yang 2 tahun lalu bilang 'stand-up comedy di Indonesia ga ada penontonnya', foto ini buat lo" - @Adriandhy]

[“Buat para sinis yang 2 tahun lalu bilang ‘stand-up comedy di Indonesia ga ada penontonnya’, foto ini buat lo” – @Adriandhy]

Well said, Ryan. Well said.

Terimakasih untuk keluarga besar @StandUpIndo, kekompakan kalian sungguh mengagumkan. Lintas kota, lintas pulau, satu semangat. Terimakasih khusus untuk Pak Ketua @StandUpIndo Sammy (@notaslimboy) dan Pak Ketua #StandUpFest Awe (@awwe_).

Terimakasih untuk Metro TV atas dukungan dan kepercayaannya terhadap seni ini, khususnya untuk Koh Agus Mulyadi (@Agus_Mulyadi) & Jeung Lanny Bergmann (@justElBee).

Terimakasih untuk yang sudah hadir. Terimakasih, terimakasih, terimakasih. Viva La Komtung!

Tertanda,
Seorang komika yang teramat berbahagia.

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on June 18, 2013, in stand-up comedy and tagged . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. terharu bacanya :’))
    semoga ini bukan yang terakhir ya koh🙂

  2. keren! walaupun tidak bisa hadir disana, kebanggan sebagai comic lokal pun tetap terasa melihat stand up comedy sebesar ini! #VivaLaKomtung

  3. salut luar biasa koh. Saya juga jadi terharu. maju terus stand up comedy indonesia. #VivaLaKomtung

  4. Koh, rekamannya nyusul dong. Kemaren blm smpet nonton.

  5. keren :’) nggak nyesel dua hari dateng dan pulang malem :’D semua terbalas, walau belu bisa moveon dari #StandUpFest :’)

  6. dari sini streaming an , serius deh berjam jam streaming an , terus gambarnya rada rada nge blur tapi endingnya tetep amazed kayak biasanya🙂
    koh kapan kapan ke palembang doooong

  7. robert jonhson

    kak ernest, topeng yang dipakai waktu di comic 8 2014 masih ada nggak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: