4 Alasan Kenapa Nonton Stand-Up Comedy LIVE Lebih Seru Daripada Di TV

Pertama-tama, tujuan saya menulis ini, bukan untuk membela diri dari tudingan garing atau nggak lucu oleh para penonton yang menyaksikan melalui layar kaca. I didn’t write this for the haters, coz they barely deserve my single tweet, let alone a full blog post.

Tulisan ini ditujukan untuk orang-orang yang berminat untuk menikmati stand-up comedy secara penuh, bukan setengah-setengah. Dan sudah jelas, menonton stand-up comedy secara live akan memberikan pengalaman yang jauh lebih mengesankan dibandingkan dengan menonton melalui TV. Kenapa? Berikut empat alasannya:

1. Sensor

TV adalah media massa yang terikat oleh kode etik & undang-undang. Ada banyak batasan, dan tentunya ini bisa dipahami. Konsekuensinya, ada belenggu yang kuat bagi idealisme seorang comic, manakala ia harus patuh pada batasan-batasan ini. Bayangkan seorang vokalis grind-core yang dibatasi volume growling-nya, tidak boleh terlalu keras. Atau lebih sederhananya, bayangkan seorang penyanyi dangdut yang dilarang bergoyang erotis. Kurang lebih seperti itu analoginya. Ada pernik seni yang terpenggal, kreativitas yang terkekang.

2. Emotional Investment.

Menurut Jay Sankey, “emotional investment is the fuel to laughter”. Bila tawa adalah kobaran api, maka agar bisa menyala, butuh bahan bakar. Pada prakteknya, untuk bisa tertawa pada saat punchline dilempar, maka penonton perlu memberikan investasi emosi yang cukup kepada set-up yang disusun. Karena sejatinya, set-up itu bukan hanya perlu didengar, tapi juga harus dimengerti. Ada perbedaan kesiapan mental antara menonton stand-up comedy di TV & secara live. Dan baik disengaja ataupun tidak, menonton stand-up comedy melalui TV akan mengurangi emotional investment karena selain TV, bisa ada hal-hal lain yang menyita perhatian kita. Mulai dari suara kripik yang anda kunyah, hingga tukang siomay yang lewat di depan rumah. Hal-hal yang sepertinya remeh ini, bisa mengakibatkan terdistorsinya pemahaman akan konteks joke secara keseluruhan, dan pada akhirnya, mengurangi kemungkinan terpancingnya tawa.

3. Physical Investment

Menurut saya, selain teori emotional investment Jay Sunkay diatas, sejatinya penonton yang menyaksikan langsung juga secara sadar maupun tidak telah melakukan physical investment. Menonton di TV tidak menuntut physical investment. Tinggal duduk/tiduran, leha-leha, sambil ngemil. Bebas. Sebaliknya, menonton stand-up comedy secara live, berarti anda mau pergi meninggalkan rumah untuk datang ke tempat acara, lalu duduk bersama para penonton lainnya. Semua yang duduk disana sudah meluangkan waktu, tenaga, serta biaya. Dan secara fisik pula, panca indera kita akan mampu untuk lebih fokus. Siap untuk menyimak, siap untuk tertawa.

4. Ambience.

Bila anda pernah menonton konser, pasti paham maksud saya ini. Betapa canggih pun kualitas video maupun audio dari penampilan musisi di layar kaca, tentu tidak bisa menggantikan perasaan yang muncul ketika hadir secara langsung di dalam arena pertunjukan. Menikmati suasana bersama puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan orang lainnya, merasakan pengalaman yang bukan hanya bisa dinikmati oleh mata & telinga, tapi lengkap dengan merindingnya bulu kuduk. Dan jangan lupa, faktanya adalah bahwa seperti halnya menguap, tertawa itu menular. Ini yang tidak bisa dinikmati dengan cara duduk di depan TV. Terjangkit gelombang tawa yang menyapu seisi ruangan.

Yah, kira-kira begitulah. Jadi, bila sampai sekarang anda belum pernah menonton stand-up comedy secara live, saran saya, segera coba, at least once. You’ll see what I’m talking about. Derai tawa yang membahana itu candu, kawan.🙂

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on February 1, 2013, in stand-up comedy. Bookmark the permalink. 24 Comments.

  1. Bener banget koh dan bsok tanggal 9 Februari di #GKJ9Feb gw bakal nntn koh ernest secara live untuk pertama kali…. mudah2 pecah ya koh..

  2. akhirnya direvisi juga ya koh Ernes😀
    baca dulu ah…

  3. Beberapa kali hampir nonton, tp selalu terganjal jam pulang yg terlalu malam. Semoga bisa dijadikan masukan untuk memulai stand up show yang tidak terlalu malam. Aku menunggumu di bandung kohh😀

  4. kapan ke surabaya Mas?

  5. mantap bgt koh,, pertama kali liat stand up live, guest star nya bang kemal @standupindo_sby,, bner2 beda am TV,, koh ernest kpan ke SBY lge??

  6. koh, ambience bukannya nama penyakit ya’…?😛

  7. Tapi jgn juga nonton stand up live yg ditujuin utk diputer di tv. Selaen kena masalah yg nomer satu di atas, batesan waktunya itu lho.. Kentang banget lah nonton yg ky bgitu. Emang udah paling bener mini show ato stand up special aja deh.

  8. Dan gw adalah salah satu yang kecanduan, dan entah knapa stiap gig yg gw tonton secara live, ada Ernest d dalamnya.. Yg paling puas pas bisa ngajak temen nonton live, selesainya dia nanya, ‘kapan ada lagi..? Mau nonton..’ Hehehe

  9. Fadhillah Luluk

    Udah ada niat buat nonton, tapi gapernah ada kesempatan -,-“

  10. bnr jg,tp sygnya sy sndri blm prnh nntn live SUC😦
    tp smga suatu saat bs,koko ernest kpn2 k makassar lah,spya bs live nnton koko d SUC🙂

  11. setuju!!
    sayang saya ketinggalan Merem Melek pas di Bandung krn harus pulang kampung.
    kapan tur ke Bandung lagi?

  12. Mau dong nonton langsung stand up beneran bukan cuma 5 menit…ada cara kah u bisa ikut nonton tgl 9 feb? *kode* ; )

  13. udah gua buktikan kemarin malam dengan nonton @3gptour nya @gepamungkas🙂
    Lebih seru tanpa ada sensor sama sekali

  14. mohon info dunk…kapan lagi ada acara live stand up comedy?

  15. Bener juga koh. emang dari segi experience bakal lebih ngena kalo nonton langsung ketimbang nonton di TV ato DVD.

  16. mau ngerasain juga sih gimana stand up comedy ko ernest yang nggak di sensor, yg pnya emotional investment, physical investmen, dan ambiencenya. Ditunggu di Jogja ya kohhh

  1. Pingback: Apa yang Gua Bawa Sepulang dari #GKJ9Feb « @saputraroy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: