Lima Komika Paling Melesat Di 2012

Tahun 2012 menjadi tahun yang amat sangat luar biasa bagi stand-up comedy di Indonesia. Ada begitu banyak special event, tur, hingga berbagai program regional komunitas lokal yang patut diacungi jempol.

Di tahun 2012 ini pula, beberapa nama baru yang di 2011 belum diperhitungkan – atau belum pernah terdengar sama sekali – mendadak muncul ke permukaan kancar stand-up comedy nasional. Nama-nama yang sepertinya akan menjadi semakin cemerlang di 2013.

Berdasarkan urutan abjad, inilah 5 rising stars stand-up comedy Indonesia 2012 versi saya:

1. Adriano Qalbi / @adrianoqalbi

Sebenarnya, Adriano Qalbi mulai menjajal panggung open mic sejak awal-awal heboh stand-up comedy di akhir 2011 silam. Tapi sepanjang 2012, pria yang sebelumnya berprofesi sebagai copywriter di advertising agency ini bertransformasi kilat dari “just one of the open mic participants”, menjadi “indonesia’s comic’s comic”, alias komika yang menjadi panutan bagi banyak komika lain.

Pengalamannya sebagai copywriter terbukti membekalinya dengan ketajaman menulis yang mengundang rasa iri dari komika manapun. Dengan kemampuannya menemukan, mengolah, dan menyampaikan premis yang ciamik, Adri secara tidak resmi pun ditahbiskan sebagai Chris Rock-nya Indonesia. Adri menutup 2012 dengan dua catatan penting: Menjadi pembuka stand-up special Pandji Pragiwaksono “INDONESIA:”, serta mengambil alih tongkat estafet dari Pandji untuk salah satu program paling berpengaruh di Hard Rock FM – bahkan mungkin di radio manapun di Indonesia – Provocative Proactive.

2. Bintang Timur / @bintangbete

Sebagai seni, stand-up comedy juga tidak luput dari faktor bakat. Dan bagi beberapa komika tertentu seperti Soleh Solihun dan Mongol Stres, bakat yang begitu besar membantu mereka untuk bersinar tanpa bekal teknik dasar sekalipun. Komika yang satu ini, masuk ke kategori barusan. Bagi Bintang, mengalirkan punchline demi punchline tampak begitu mudah. Effortless. Gayanya yang slengean dan ignorant bisa dengan mudah diterima penonton karena tampak begitu alami. Tidak dibuat-buat. Dan entah disengaja atau tidak, Bintang menggunakan persona tadi untuk menyampaikan materi-materi yang memang cocok dengan penampakannya di mata penonton.

Terbukti, pertengahan 2012 lalu komika Bekasi ini sukses menggondol Juara 1 di ajang bergengsi #StreetComedy2, sebuah gelaran rutin @StandUpIndo yang diikuti oleh banyak komika-komika handal. Dalam perkembangan stand-up comedy di dalam negeri, masih sangat sedikit komika Indonesia yang memiliki daya penetrasi ke berbagai lapisan masyarakat. Dan Bintang, adalah salah satu dari komika-komika istimewa tersebut.

3. Ge Pamungkas / @GePamungkas

Mengikuti jejak Ryan Adriandhy yang menjuarai SUCI Kompas TV Season 1, Ge Pamungkas juga menunjukkan dominasinya sejak awal Season 2. Sebagai peserta yang tampak paling kokoh sepanjang kompetisi, banyak yang memprediksi bahwa Ge akan muncul sebagai juara. Dan hari itu di malam final, Ge membuktikan ramalan tersebut dengan penampilan yang memukau Indonesia.

Salah satu faktor yang membuat komika didikan komunitas @StandUpIndoBDG ini mudah dikenali adalah gaya penyampaian materinya yang unik. Totalitasnya dalam melakukan ekspresi wajah dan gestur tubuh kerap mengundang decak kagum, baik dari penonton maupun dari rekan sejawat. Ditambah dengan semangat belajar dan kerja keras yang mengalir deras, Ge berhasil menorehkan namanya di hati para penikmat stand-up comedy sepanjang tahun yang silam.

4. Jui Purwoto / @juijuijuijui

Jui. Nama ini bisa dibilang adalah komika yang “menjajah” berbagai program stand-up comedy di Metro TV sepanjang tahun 2012. Kemunculannya semakin hari semakin dinanti, terutama di paruh kedua tahun 2012. Semoga ini berarti, penampilan Jui memang membawa berkah bagi rating Metro TV.🙂

Menurut saya, wajar bila Jui jadi idola baru layar kaca. Format penayangan stand-up comedy di televisi sangat menuntut kesederhanaan materi dan kepadatan titik tawa, dua hal yang dikuasai dengan baik oleh komika asal Bogor ini. Sebagian besar dari kita pasti punya temen yang paling ngocol, yang setiap lagi nongkrong selalu bisa bikin yang lain tertawa. Jui, adalah orang itu, dalam versi yang (seringkali) lebih lucu.

5. Kemal Palevi / @kemalpalevi

Banyak yang setuju bahwa tahun 2012 adalah tahunnya Kemal. Gagal melaju ke grand final SUCI Kompas TV Season 2, Kemal justru unjuk gigi lewat #AbsurdTour, tur stand-up comedy yang melintasi Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. Persona panggungnya yang tulus dan candid membantu Kemal mendekatkan diri dengan fansnya, yang menamakan diri mereka Kemalicious.

Dan kebintangan Kemal memang istimewa. Saya menyaksikan sendiri bagaimana para Kemalicious menyambut idolanya dengan jerit histeria, seolah itu adalah sosok Justin Beiber yang hadir di hadapan mereka. Dan mungkin saat ini, hanya Kemal yang memiliki kekuatan seperti itu. Kemal Palevi telah membuktikan bahwa komika bisa menjadi idola remaja, dan ini, adalah kontribusi yang manis bagi perkembangan stand-up comedy di Indonesia.

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on January 3, 2013, in stand-up comedy and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. setuju banget, nama yg disebutin emang punya bakat di stand-up comedy.

  2. lima komika yang sudah aku prediksi dari awal waktu baca judul tulisan ini. cuman adjis doa ibu yang meleset :p
    koh, kira-kira kapan ya aku bisa masuk 5 komika rising star? *lalu hening*

  3. Nanti gue nyusul hehe.

  4. Iya, aku juga mikir mereka keren

  5. Ge Pamungkas salah satu tokoh komik idola saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: