Stand-Up Comedy Tips By @pandji: #riffing

Pandji Pragiwaksono dikenal sebagai salah satu comic dengan skill riffing paling gawat. Berikut sharing soal riffing, langsung dari akun twitternya, @pandji:

——————————

#riffing adalah ketika seorang comic ngobrol penonton dgn tujuan menggali tawa dari penonton tsb.

Byk orang pikir #riffing itu spontan, entah utk org lain, tp utk gue, sekitar 60% riffing gue itu sudah disiapkan / terlatih.

Byk yg blg #Riffing itu “Making something out of nothing”. Sebenarnya, itu ilusinya, krn realitanya, Riffing itu sebenarnya sudah dilatih.

Istilahnya, #riffing itu “rehearsed spontanity”. Scr umum dlm stand-up jg kt hrs latih diri utk bs bawakan bit2 kita seakan spontan & segar.

Beberapa #riffing gue, pada awalnya memang spontan. Tapi setelah itu, kalau sukses menuai tawa sering gue pake di kesempatan2 lain.

Salah satu #Riffing-an standar gue: “Tinggal di mana?”. Nanti jawaban mereka akan gue tutup dgn bbrp punchline disesuaikan dgn jawaban dia.

Cth sederhana, misalnya gue nanya: “Tinggal di mana?” | Penonton: “Bintaro” | Gue: “Pantesan muka lo jauh kayak rumah lo” #riffing

Jatohnya #Riffing juga tetap menggunakan set-up + punchline. Bedanya, set-upnya dipancing dari jawaban si penonton, punchline-nya dari kita.

Ada jg #riffing yg spontan. Agak susah & beresiko. Byk yg mau spontan riffing tp gagal bikin ktawa, akhirnya cm tanya-jawab biasa tanpa tawa.

Mind-set kalo mau #riffing spontan: Setiap org pasti lucu, tinggal kita temukan di mana kelucuannya. Jgn mikir “gmn caranya bikin dia lucu”.

Menemukan kelucuan dlm diri seorang penonton bisa dilihat dari penampilan, atau dari fakta2 tentang dirinya yg kita tanya #riffing

Tapi #riffing harusnya jadi pelengkap bukan sebagai suguhan utama. Kadang gue suka kebablasan nge-riffing & ngeluarin bitnya malah dikit.

——————————

Semoga berguna ya teman-teman🙂

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on February 10, 2012, in stand-up comedy. Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. thaks sharenya
    kemaren saya nyoba openmic dan gagal
    hahhaha

  2. thanks sharenya,
    “your not cruncky,your not funny”-@radityadika

  3. hahaha keren bang,numpang copas gan buat belajar haha😀

  4. thanks koh buat tipsnya! re-share di blog gue caratawa.blogspot.com
    sama numpang tanya, ada gak sih komunitas buat comic under 18?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: