Bye 2011, Hi 2012

Saya termasuk orang yang males merayakan tahun baru. Kenapa 1 Januari harus lebih istimewa dibandingkan tanggal-tanggal lain? Tapi ya itulah. We humans love the idea of “fresh start”. Dari nol lagi, kata iklan.

But anyway, bisa dibilang setahun kemarin adalah salah satu tahun paling dramatis dalam hidup saya. Here’s my life recap in 2011:

Januari
Tanggal 29 Januari, saya berulang tahun ke 29. Ini berarti, ulang tahun terakhir saya di usia 20-an. Ulang tahun berikutnya, saya sudah memasuki usia kepala 3. Beban! I’m so gonna miss these 20s days :p

Maret
Tanggal 26, saya naik pesawat Lion Air menuju Yogyakarta. Ketika saya mau duduk, di kursi saya ada Roy Suryo. Dan hari itu menjadi salah satu hari paling gila dalam hidup saya. Puncaknya adalah saat avatar twitter saya dipajang di Metro Hari Ini, sampai saya melongo. Sinting lah.

April
Tanggal 29 April, saya merayakan ultah pernikahan yang keempat (sekaligus ultah istri ke-28). Empat tahun menikah, ditambah 5 tahun pacaran, total saya dan istri saya Meira Anastasia sudah bersama selama 9 tahun. Totally loving it🙂

Juli
Seperti yang pernah saya ceritakan, bulan Juli adalah bulan yang teramat luar biasa. Di bulan inilah saya mengikuti audisi untuk program Stand-Up Comedy Indonesia di Kompas TV. Sebuah acara yang secara tidak langsung memicu lahirnya komunitas Stand-Up Indo, dan menyebarluaskan virus stand-up comedy di Indonesia.

Agustus
Di akhir bulan ini, saya mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari dr.m, sebuah perusahaan digital content yang menjadi bagian dari hidup saya sejak Mei 2008. Ini sekaligus menandakan saat dimana saya “terjun bebas”. Melepas status pekerja kantoran yang nyaman dengan gaji, jabatan, tunjangan, & jenjang karir yang menjanjikan; demi sesuatu yang abstrak namun layak diperjuangkan. Dan sampai saat ini, sepertinya keputusan yang saya ambil ini sepertinya tepat🙂

September
Di bulan ini, Stand-Up Comedy Indonesia di Kompas TV dimulai. Saya pun berkenalan dengan banyak teman baru yang mengagumkan.

November
Tgl 20, anak saya Sky Tierra Solana tepat berusia 2 tahun. Dia nyala api saya.

Desember
Kompetisi Stand-up Comedy Indonesia Kompas TV berakhir sudah. Saya finish di posisi ketiga, alias terpaksa menerima kekalahan. Saya gagal lolos ke grand final, tapi berhasil mengerti lebih dalam tentang hidup, dan bagaimana menjadi dewasa.

Sepanjang 2011, berkat stand-up comedy, saya dapet kesempatan untuk menjelajah Indonesia, bertemu dengan teman2 komunitas stand-up comedy di Jogja, Solo, Palembang, Pekanbaru, Medan, Jambi, & Pontianak. Sungguh pengalaman yang membahagiakan!

Menyambut 2012, saya punya 2 cita-cita berkaitan dengan standup-comedy:
1. Bisa jadi headliner untuk stand-up comedy tour
2. Sudah punya action plan yang matang supaya 2013 saya bisa menjalankan mimpi saya menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Stand-Up Comedy antar wilayah se-Indonesia.

Tapi secara umum, menurut saya sih kita nggak harus punya resolusi yang muluk-muluk. Cukup 1 hal yang penting: Bagaimana membuat hidup kita bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang. Happy new year🙂

[@ernestprakasa]

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on January 6, 2012, in tidbits. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. .Sukses koko~ semoga yg dicita-citakan tercapai… Amiien ^^

  2. tambah 1 lagi Bang…November ultahnya Sky yg ke 2 (bener kan yg ke 2…??) ^_^

  3. baru tau ternyata ultahnya sama.. beda taun tapiiii.. huehehe

Leave a Reply

