GSM Yang Baik Berubah Jadi Jahat?

Picture 3

Beberapa hari terakhir, saya dan teman-teman lumayan seru mengomentari iklan terbaru dari Axis, yang menekankan bahwa merekalah GSM paling murah dengan cara menyidang Saykoji & Luna Maya, icon dari IM3 dan XL, yang selama ini mengaku-ngaku paling murah. Saykoji & Luna Maya boongan, tentunya. Reaksi yang muncul pun beragam:
– “gila kocak banget, Saykoji-nya mirip!”
– “Axis berani juga ya nantangin Indosat sama XL”
– “garing ih”
Dan lain-lain.

Sebelum lanjut, saya ingin flashback sejenak ke beberapa tahun silam.
Saya ingat betul bahwa pada waktu itu, munculnya Axis cukup menarik perhatian. Bagaimana tidak, ditengah monotonnya logo dan warna para operator seluler yang ada – kecuali warna-warni Flexi yang nggak monoton tapi norak abis, tiba-tiba Axis menggebrak dengan semburat segar kuning dan ungu, menyiratkan dinamisme dan kreativitas yang kental. Bukan hanya itu, Axis langsung membrainwash dengan slogan mereka “GSM Yang Baik”, yang saya percaya lahir dari insight yang kuat bahwa promo tarif dari operator seringkali menyimpan udang dibalik batu. In a way, Axis adalah operator pertama yang secara marketing berani menyentuh ranah emotional benefit, bukan hanya menyecar functional benefit seperti yang sudah-sudah.

Namun, tiba-tiba muncul ini. Gaya iklan ofensif yang sungguh tidak Axis. Pertanyaannya, apakah Axis akan mencederai image “baik” yang mereka telah bangun? Dan yang juga menarik untuk ditunggu, apakah Indosat & XL akan menyerang balik? Kalo iya, dengan cara apa? Apakah akan ada yang menggoreng si ayam raksasa yang belakangan ini jadi maskotnya Axis? :p

Yah, paling tidak kalo sampe terjadi lagi balas-membalas iklan tarif operator seperti episode Rp 0,1 vs 0,001 vs 0,0000001 beberapa waktu lalu, advertising agency akan kebanjiran order, dan industri kreatif akan makin bergairah🙂

@ernestprakasa

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on November 6, 2009, in advertising, marketing and tagged . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Bener banget, gue sangat setuju dengan lo. Iklan Axis kali ini cukup ofensif. Gue adalah salah satu orang kaget ketika melihat iklan ini untuk pertama kali dan bukan kaget-in-a-good-way-ih-lucu-kreatif-ya, tapi kaget-cengo-in-a-bad-way-mampus-parah-banget.
    Axis, what have you done?
    *fyi, gue skrg lagi mencoba Axis, signal-nya OK, tapi msh sering ada blank spot*

  2. lemme guess, nyobain axis blackberry gemini putih yak? :p

  3. @ Ernest: Haha! Sayang sekali tebakan anda kurang tepat.
    Haha. Pake hp samsung tercinta gue kok. BB? Belum mampu bayar bulanannya nih. Tapi cakep juga sih itu Gemini putih. FYI, warnanya macam2, gue lihat di Taman Anggrek, ada warna-warni, termasuk Pink. ?_?
    LOL.

  4. haha…tos dulu lah sesama non-BB-ers :p

  5. high five dude!!!
    haha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: