Calling All 2014 President Wannabes

kpk3

Sekitar jam 21:00 tadi, sebuah berita yang lumayan mengejutkan muncul: Polisi Menangguhkan Penahanan Chandra Hamzah & Bibit Samad Rianto. Rupanya tekanan publik yang menentang keras kriminalisasi dua petinggi KPK ini membuat polisi gerah juga. Meskipun kekeuh bahwa diperdengarkannya rekaman pembicaraan di Mahkamah Konstitusi tidak membuktikan bahwa Chandra & Bibit tidak bersalah, namun akhirnya mereka dibebaskan, paling tidak untuk sementara.

Yang menarik adalah pergolakan yang terjadi di dunia maya. Sejak di-create hari Jumat 30 Oktober yang lalu, Facebook Page “Gerakan 1,000,000 Facebook-ers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Rianto” berhasil mengumpulkan lebih dari 650,000 orang dalam waktu lima hari. Sepanjang sejarah politik di Indonesia, mungkin ini adalah rekor baru yang mengangkangi musim Pemilu 2009 sekalipun, dimana berbagai gerakan dan partai politik mencoba meraih simpati publik lewat Facebook.

Salah satu viral lainnya seputar isu KPK ini adalah gerakan pemakaian atribut serba hitam di hari Senin kemarin sebagai tanda rasa dukacita atas matinya keadilan di Indonesia. Tidak ada pengumuman di media massa. Hanya ajakan yang bergulir bagai bola salju di berbagai Facebook, mailing list, Twitter, dll. Alhasil, hari Senin kemarin diramaikan oleh orang-orang berpakaian warna hitam.

Apakah ini pertanda bahwa media online telah memainkan peranan penting dalam politik di Indonesia? Gejalanya sih sudah sangat kuat. Walau tertinggal oleh Obama yang sukses menjadi presiden Amrik berkat (salah satunya) menggarap serius campaign di internet, namun saya yakin di 2014 nanti, peranan media online akan semakin dahsyat dalam menentukan arah perpolitikan.

Karena mengumpulkan 650,000 orang dalam waktu lima hari membutuhkan sebuah event yang monumental, maka para politisi yang bermimpi meraih simpati masyarakat dunia maya di pemilu mendatang sudah harus berinvestasi dari sekarang; sedikit demi sedikit, bangunlah brand image dengan kreatif dan konsisten. Seperti telah dibuktikan oleh tim konsultan SBY dari Fox, menggolkan presiden tak ubahnya menjual sebuah brand.

Jadi buat anda para politisi, dunia maya menanti. Go gather your online marketing geeks and start doing some work.

@ernestprakasa

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on November 4, 2009, in digital marketing, politic and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Terakhir Jumlah member dari gerakan ini mencapai 1,277,992 members…

  2. exactly, gawat kan potensinya?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: