Be Sure To Measure

Berkat teknologi canggih, sekarang ini orang sudah bisa berpromosi menggunakan mesin pengirim SMS. Sekali klik, ribuan orang langsung terjangkau. “SMS blast”,  istilah kerennya. Di nama pengirim pun otomatis langsung tertera si pengirim SMS, meskipun belum pernah kenalan apalagi nge-save nomernya di phonebook.

Ada dua pihak yang rutin mengirimi saya SMS blast. Kebetulan dua-duanya adalah tempat clubbing yang cukup ternama di Jakarta Selatan. Sayangnya, upaya mereka sia-sia belaka karena saya sama sekali ga doyan clubbing. Saya lantas berpikir. Kenapa ya mereka tetap membuang biaya untuk mengirimi saya SMS setiap minggu padahal saya tidak pernah datang?

Mengukur dampak promosi memang pekerjaan yang menyebalkan, apalagi kalo ternyata efektivitasnya tidak maksimal. SMS promo tempat clubbing tadi, misalnya. Kalo saja mereka memberi insentif khusus bagi orang yang menunjukkan SMS dari mereka tadi, mungkin akan ketahuan bahwa orang-orang seperti saya ini nggak pernah datang. Sayang khan mereka terus-terusan mengirim SMS ke orang-orang yang bukan target market mereka? Padahal tidak sulit untuk mereka melakukan upaya ekstra, misalnya dengan cara menyediakan satu form untuk pengunjung bertuliskan: “Mau masuk guestlist di event-event kami? Isi data diri Anda disini!”.

Cukup dengan cara simpel seperti itu, saya optimistis akan banyak orang yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan nomor HP mereka demi mendapatkan free entry di berbagai event seru. Nah, dapet deh setumpuk nomor HP untuk di-blast. Daripada membuang biaya nge-blast SMS ke orang-orang seperti saya, yang lebih suka menghabiskan waktu malamnya untuk internetan, persis seperti sekarang ini🙂

Jadi, mari kita berevaluasi. Capek dan tak jarang menyebalkan, memang. Tapi bagaimana mau belajar dari kesalahan kalo nggak tau salahnya dimana, ya nggak?

@ernestprakasa

About @ernestprakasa

a husband, a father, comedian. guess which one makes me laugh the hardest?

Posted on March 25, 2009, in marketing and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: